Kelas Bu Novi

Kelas Bu Novi
Kelas Bu Novi

Surat

Pengertian Surat Dinas (Resmi)

Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal kedinasan (Tim Kemdikbud, 2017, hlm. 248). Surat ini dapat ditulis oleh pribadi kepada instansi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga.

Struktur Surat Dinas

Merujuk pada pemaparan Tim Kemdikbud (2017, hlm. 250) struktur atau unsur surat dinas adalah sebagai berikut.

  1. Kop surat,
    bagian ini diisi dengan nama lembaga dan berbagai informasi lain yang biasanya meliputi logo, alamat, dan nomor kontak lembaga.
  2. Nomor surat,
    suatu lembaga biasanya memiliki format nomor surat tersendiri yang diikuti untuk memastikan keabsahan surat, misalnya: : 05/K/PKSB.
  3. Tanggal surat,
    keterangan tanggal kapan surat itu dikirim, contohnya: 09-Mei-2021.
  4. Lampiran,
    sebagai penerang bahwa dalam surat itu terdapat bahan-bahan tertulis yang disertakan selain dari surat itu sendiri, bisa berupa surat keputusan, data atau statistik yang perlu disampaikan sebagai konteks lebih dari surat, dsb. Contohnya: Lamp: dua berkas.
  5. Perihal,
    judul atau inti dari surat, misalnya: Perihal: Permohonan izin,
  6. Alamat surat,
    alamat dan nama atau jabatan penerima surat yang berwenang. Contohnya: Kepala Kwarcab Jakarta Pusat di Jakarta.
  7. Salam pembuka,
    memastikan kita menyapa pada penerima surat. Dalam surat dinas, kata sapaan haruslah baku, contohnya: Dengan hormat.
  8. Paragraf pembuka,
    berisi latar belakang, alasan, dan konteks lainnya dalam mengirimkan surat.
  9. Inti surat,
    merupakan isi dan pesan utama yang ingin diutarakan dalam surat.
  10. Paragraf penutup,
    berisi ucapan terima kasih dan penutup lain yang diperlukan.

Struktur Surat Pribadi

  1. Alamat dan tanggal surat,
    agar pembaca tahu di mana dan kapan penulis menulis surat.
  2. Salam pembuka,
    menyapa pembaca surat agar terasa lebih hangat.
  3. Kalimat pembuka paragraf,
    memberikan kalimat pertama yang berkesan atau memancing interaksi agar menggugah pembaca untuk membaca surat.
  4. Isi surat,
    menyampaikan isi atau pesan utama yang ingin disampaikan.
  5. Penutup surat,
    untuk memberikan kesan akhir yang baik dan jika perlu agar memastikan surat pribadi di balas.
  6. Nama dan tanda tangan,
    memastikan bahwa penulis surat adalah benar-benar yang mengirim surat.

Post a Comment

0 Comments